jenis prosessor

MENGENAL JENIS PROCESSOR

Processor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan jikalau PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Semakin banyak Core yang terdapat di dalam PC maka akan lebih cepat kinerja sebuah komputer tersebut.
Perusahaan pengembang processor untuk PC ynag terkenal di dunia ada 2 yaitu AMD dan Intel. Intel pertama mengeluarkan produknya yaitu yang bernama Pentium. Perkembangan Pentium dilakukan hingga saat ini karena Pentium merupakan salah satu processor terbaik yang pernah dipasarkan.
Pentium yang pertama bernama Pentium 1 kemudian berkembang menjadi Pentium 4 dan sekarang telah mencapai Dual Core Pentium dan Quad Core Pentium. pentium memiliki keunggulan yaitu tahan panas dan tidak mudah rusak walaupun dipakai 24jam nonstop.
 
 Selain Pentium, Intel mempunyai Core i3, i5, i7 untuk desain grafis. Sedangkan untuk kantoran Intel mengandalkan Celeron dan Dual Celeron yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Untuk sebuah server Intel mengeluarkan Intel Xeon. Selain di atas ada keluarga processor Core 2 yaitu Core 2 Duo dan Core 2 Quad.

Pesaing terbesar Intel yaitu AMD mempunyai banyak beragam processor mulai dari single core sampai quadcore. AMD memiliki keunggulan harga terjangkau dan sangat bagus untuk desain grafis.
Contoh produk AMD adalah: AMD Phenom X4, AMD Athlon X2, Athlon X4, AMD Turion dan lain-lain. Kelemahan AMD adalah panas yang terlalu tinggi sehingga dibutuhkan minimal 2 fan di dalam CPU komputer.
 Jenis-Jenis Processor dalam komponen komputer bermacam-macam. Sehingga dalam beberapa tahun ini banyak muncul beberapa jenis processor baru. Hal ini di sebabkan oleh tuntutan pengembangan itu sendiri dan persaingan sengit antara 2 produsen processor, yaitu Intel dan AMD.
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang di dukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Dari beberapa produsen processor hanya ada 2 nama yang menguasai pasar, yaitu jenis-jenis processor Intel dan AMD (Advance Micro Device). Sebagian orang pasti hanya mengenal processor Intel di bandingkan processor AMD. Itu di karena Intel pentium adalah nama prosesor Intel yg paling melegenda.
Jenis-Jenis Processor    processor AMD dan Intel
Processor Intel terbagi bermacam-macam, mulai dari Intel Pentium 4, Intel Pentium D, Intel Pentium Dual-Core, Intel Core 2 Duo dan Intel Core i7. Jenis-Jenis Processor Intel ini memiliki kecepatan proses yang berbeda-beda, mulai dari 1,73 Ghz sampai dengan kecepatan 3,8 Ghz.
Processor AMD pada sejarah perkembangannya memproduksi produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard dan embedded prosesor kartu grafis (GPU). Jenis-Jenis Processor AMD antara lain AMD K5, AMD K6, AMD Duron, AMD Athlon, AMD Athlon 64, AMD Athlon 64 FX, AMD Sempron, AMD 64 X2 Dual Core, AMD Opteron, AMD Cadiz dan AMD Turion.
Jenis-Jenis Processor AMD ini memiliki fitur, jenis, model dan spesifikasi yang berbeda. Salah satunya adalah menawarkan perlindungan virus yg disebut Ehanced Virus Protection, ini terdapat pada Processor AMD Athlon 64 FX.
Harga Processor pada umumnya bervariasi, ada yang Rp. 150.000,00 sampai dengan harga yang mahal Rp. 3.000.000,00, tergantung dari jenis dan spesifikasi processor itu sendiri.
Harga Processor Intel terbaru yang dapat memproses 4 thread secara bersamaan. Memiliki 6 MB 3 L chace mendukung beberapa ekstensi termasuk TURBO Boost, AES, dan ekstensi lain. Adapun 3 processor intel terbaru, yaitu :
  • Core i5-2380, Memiliki 3,1 GHz dan mampu mencapai 3,4 GHz dengan Turbo Boost. tentunya 100 Mhz lebih cepat dari Core i5-2320. Processor ini dihargai dengan $ 177.
  • Core i5-2450 mempunyai kecepatan 3,2 GHz, mampu meningkat sampai dengan 3,5 GHz ketika Turbo Boost diaktifkan. Processor in dibandrol dengan harga $ 195.
  • Core i5-2550 mampu mencapai kecepatan 3,4 GHZ. 100 MHz lebih ceat dari Core i5-2500. Ditawarkan dengan harga $255.

15 komentar:

Yanti YanSoo mengatakan...

Blognya keren... boleh tau caranya gak?? makasih sebelumnya..

ekaa pujiyanti mengatakan...

bagus blognya :) boleh tau caranya ga? makasi sebelumnya :)

yhulianti oktaviany mengatakan...

blog nya bagus . thenk ya.. !

Fahmi Jr mengatakan...

thanks infonya

anis firdausi mengatakan...

Bagus Blog Nya ....

Boleh Tau Caranya ga ..?
sukron kasiron

arnan w mengatakan...

mantap brow..kunjingi balik ya..
http://toeropongilmu.blogspot.com/

sri rahayu mengatakan...

blog ny kereen saya juga anak tkj domas,tapi gak bisa sekeren ini bagi info ny donk saling sering,
thank:)gomawo:)xiexie:)

Kerja Online Sambil Internetan mengatakan...

blognya keren. ajarin donk

Rayent Five mengatakan...

Misi gan, izin share ya...

Core i5-4460 Box 3,2GHz Box - Haswell
Price Rp 2.373.000

Learn more about Core i5-4460

Brand : Intel
Series : Core i5
Model : BX80646I54460
CPU Socket Type : LGA 1150
Tech Spec
Core Name : Haswell
# of Cores : Quad-Core
Name : Core i5-4460
Operating Frequency : 3.2GHz
Max Turbo Frequency : 3.4GHz
L2 Cache : 4 x 256KB
L3 Cache : 6MB
Manufacturing Tech : 22nm
64-Bit Support : Yes


Pusat Belanja Komputer

Terimakasih :)

cangkiler mengatakan...

wah mantep gan,mkash infonya

Mirza Widad mengatakan...

Khimar Syar'i Murah merupakan jilbab yang booming dipasaran

imi muzrimi mengatakan...

thanks infonya

imi muzrimi mengatakan...

thanks infonya

Dedhe Jumriladin mengatakan...

Mantap gan ,,,,,,,
Thanks for the info,,,,,,,,,

maulidar rahmah mengatakan...

kuo sma muh

Posting Komentar